April 20, 2022

Cara Mengecat Kayu yang Benar – Saat ini perabotan rumah banyak ragamnya, termasuk bahan yang digunakan. Namun salah satu bahan perabotan yang umum adalah kayu. Karena bahan kayu cenderung lebih awet dan tahan lama. Hanya saja ada satu masalah yang sering di alami jika menggunakan bahan kayu, yaitu salah satunya adalah warnanya yang monoton dan kadang pudar dalam waktu tertentu.

Sebenarnya, Anda bisa merawat perabotan rumah yang berbahan kayu dengan mudah. Salah satunya adalah memperbarui warnanya sehingga terlihat baru. Lebih hemat daripada membeli perabotan baru.

Nah, disini Anda bisa mempelajari cara menggunakan cat kayu yang benar, sehingga hasilnya bagus dan awet!

Langkah Cara Mengecat Kayu yang Benar

Cara Mengecat Kayu
Cara Mengecat Kayu

Sebelum membahas tahapan-tahapan pengecatan kayu, perlu diketahui bahwa proses pengecatan kayu dapat dipengaruhi oleh faktor lingkungan. Pengecatan kayu yang baik juga membutuhkan kondisi yang baik.

Idealnya, Anda harus mengecat kayu dalam keadaan cerah, tidak lembab. Karena jika lingkungan lembab, cat pada kayu akan lama kering dan hasilnya tidak bagus. Berikut langkah-langkah mengecat kayu dari kanan ke kiri:

Pastikan kayu bersih, kering dan rata.

Cara pertama adalah dengan mengecat kayu. Kayu siap dicat karena bersih, kering dan permukaannya rata. Gunakan amplas untuk menghaluskan permukaan kayu.

Tidak perlu tertipu, Anda bisa pergi ke toko terdekat di gedung dan mencari amplas yang cocok untuk menghaluskan kayu. Setelah kayu selesai, Anda dapat melanjutkan ke cara lain untuk mengecat kayu. Jika Anda menginginkan lapisan kayu satu warna yang bagus.

Gunakan dempul dan primer sebagai primer.

Nah, jika Anda ingin mendapatkan hasil varnishing yang baik, Anda perlu memperhatikan metode dasar varnishing kayu ini. Dempul, putty, pengisi atau plester adalah warna yang digunakan di sebagian besar primer.

Ini soal menghaluskan permukaan kayu dan sebagai alas agar warna cat pada kayu tetap. Jika ingin mendapatkan hasil yang natural dan transparan, tidak perlu menggunakan lapisan sealant ini. Sementara itu, lapisan dasar juga secara fungsional mirip dengan sealant. Namun, lapisan ini berfungsi paling baik untuk membuat lapisan cat atau noda kayu untuk hasil terbaik.

Pilih warna terbaik untuk kayu, pigmented atau wood stain?

Perlu Anda ketahui bahwa ada dua jenis warna yang dapat dipilih untuk cat kayu yaitu pigmented dan stained. Cat kayu berpigmen memberikan permukaan penutup yang lengkap, sehingga gambar kayu tidak terlihat sama sekali. Sedangkan wood stain memberikan permukaan yang natural dan transparan. Cat kayu digunakan untuk menekankan estetika gambar kayu. Jadi sebelum Anda mulai melukis, pastikan Anda memilih warna kayu terbaik yang ingin Anda gunakan.

Pada proses pengecatan kayu, tunggu hingga lapisan pertama mengering selama kurang lebih 60 menit. Setelah kering, gunakan amplas alumina No. 400 dan amplas hingga halus. Anda dapat terus mengecat kayu lapis demi lapis hingga mendapatkan warna yang diinginkan.

Pastikan Anda menghapus warna dengan benar. Jika Anda menggunakan cat kayu berbahan dasar air, bersihkan dengan air. Sedangkan jika cat kayu berbahan dasar pelarut, maka pengencernya adalah pengencer atau spiritus.

Pada tahap terakhir pengecatan kayu, aplikasikan pernis atau pernis bening kemudian tunggu hingga benar-benar kering. Setelah mendapatkan warna yang diinginkan, cara lain untuk mengecat kayu adalah dengan vernis atau clear lacquer atau top varnish. Clear coat ini berguna untuk melindungi lapisan lacquer agar tahan terhadapnya, serta untuk perlindungan terhadap radiasi UV atau goresan.

Tahapan mengecat permukaan kayu yang baik, tentunya tidak selalu digunakan oleh semua orang, bisa disesuaikan dengan kondisi. Misalnya, langkahnya benar-benar berbeda jika Anda ingin mengecat kayu yang dicat sebelumnya atau mengembalikan furnitur lama.

Tips dan Cara Mengecat Kayu Menggunakan Kuas

  • Pilih ukuran kuas yang sesuai dengan bidang yang akan di cat. Pilih kuas besar jika permukaan kayunya datar dan lebar. Jika kayu memiliki banyak detail, gunakan kuas kecil.
  • Sebelum menggunakan kuas, usahakan ratakan permukaan kuas agar lebih merata hasilnya. Bisa menggunakan dengan gunting.
  • Pada saat mengecat kayu, kuas searah dengan serat kayu pada perabotan rumah.
  • Jika mengecat permukaan yang luas, pegang kuas seperti memegang raket.
  • Jika mengecat permukaan yang kecil, pegang kuas seperti memegang sendok.

Punya perabotan kayu di ruang tamu atau kamar yang perlu di cat ulang? Yuk langsung eksekusi.